mempengaruhi hubungan

Wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu atau perintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan seseatu agar tercapai tujuan tertentu.

Wewenang merupakan hasil delegasi atau pelipahan wewenang dari posisi atasan kebawahan dalam suatu organisasi.

Contoh : ketika saya berada dalam suatu organisasi, saya diminta oleh atasan saya untuk mengerjakan suatu laporan keuangan pada akhir tahun. Sikap atasan saya ini merupakan wewenang dalam suatu organisasi dan saya mau tidak mau harus menuruti perintah atasan saya.

Manipulasi adalah suatu sikap atau perilaku seseorang untuk memperoleh keuntungan pribadi atau kepuasan tersendiri.

Contoh : ketika saya mau membeli ikan mas nila, ternyata sama penjualnya saya diberi ikan mas biasa.

Kerjasama adalah suatu sikap atau perilaku yang terjadi dalam kelompok atau organisasi tertentu dalam menjalankan tugasnya agar memperoleh tujuan yang sama dan mempercepat suatu pekerjaan.

Contoh : kejabakti dalam lingkungan agar lebih cepat selesai.

Kekerasan adalah suatu sikap atau perilaku yang menunjukkan sikap kekuasaan terhadap orang lain.

Contoh : ketika saya sedang berjalan saya melihat seorang ibu yang sedang memukul anaknya karma anak tersebut tidak menuruti perintah ibunya.

Premanisme adalah   suatu sikap atau perilaku yang merugikan orang lain untuk kepentingan sendiri dengan cara memaksa dan melakukan ancaman.

Contoh : ketika saya berada disuatu terminal saya melihat seorang kakek-kakek yang sedang dimintai uang oleh para preman-preman, dan saya mencoba menolong kakek tersebut untuk melawan para preman tersebut dan saya juga telah dibantu oleh orang lain.

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

